cara menggunakan internet


Cara Menggunakan internet dengan cerdas cari tahu di artikel ini – bagian pertama

Menggunakan internet dengan cerdas

Pernahkah anda mendengar istilah cerdas berinternet? Maksudnya bukan internetnya yang cerdas, namun orangnya yang harus cerdas dalam menggunakan internet. Cerdas itu menyangkut tentang bagaimana seorang pengguna internet memaksimalkan seluruh aktivitas internet dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi dari dunia maya, seperti berita, hiburan, pekerjaan, tugas kuliah atau bahkan mencari jodoh. Bisa dikatakan bahwa internet dewasa ini adalah dunia kedua. Hampir setiap hari orang melakukan aktivitas di internet. Aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang serasa mereka juga hidup di internet.   Menggunakan internet dengan cerdas
Seorang tokoh yang memiliki andil dalam suksesnya Facebook, Sean Parker pernah mengatakan bahwa jika pada zaman dulu orang hidup di pedesaan, maka di jaman sekarang orang tinggal mayoritas di perkotaan. Dan di masa depan, orang akan tinggal di internet. Ternyata apa yang diucapkan Sean Parker bertahun-tahun lalu, saat internet belum mendunia adalah benar adanya jika dilihat faktanya hari ini. Rata-rata orang di dunia menghabiskan waktu 2-3 jam sehari untuk mengakses internet. Bahkan ada yang mengakses internet sepanjang waktu, hanya berhenti untuk makan dan tidur saja. Maka dari itu kami menyajikan suatu panduan internet cerdas untuk anda.

Cerdas berinternet: memilih peramban atau browser

Saat ini, apa browser yang anda gunakan untuk berselancar di dunia maya? Apakah Firefox dari Mozilla, Safari dari Apple, Opera, Chrome atau bahkan Internet Explorer. Jika kita berbicara mengenai cerdas dalam berinternet, ada dua browser mainstream yang dipakai oleh mayoritas pengguna internet di seluruh dunia, yaitu adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome. Firefox yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation, sebuah organisasi nirlaba internasional ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni soal kecepatan dan keringanan pemrosesan. Firefox juga memiliki ribuan add-ons atau pengaya. Firefox juga dapat tampil berbeda dengan bermacam themes dan persona yang tersedia luas sekali. Bahkan anda bisa mendesain sendiri yang sesuai dengan kesukaan anda.
Peramban kedua adalah Chrome, yang merupakan pendatang baru dalam dunia perangkat lunak browser internet. Akan tetapi dalam waktu singkat, kemampuan Chrome sudah sangat tinggi, hampir setara dengan Firefox. Chrome sendiri dikembangkan oleh raksasa internet dunia yang menguasai mesin pencari, yakni Google. Kualitas browser ini tidak diragukan lagi, sekalipun tergolong paling muda diantara yang lain. Chrome mampu menunjukkan taringnya dengan fitur ekstensi yang dapat dipasang sebagai aplikasi tambahan dan juga fitur themes yang dapat diubah-ubah. Browser ini sangat ringan, bahkan jika dibandingkan dengan Firefox sekalipun. Nah, antara Firefox atau Chrome, semua adalah pilihan anda.

Cerdas berinternet: Mencari informasi

Mencari informasi bisa dikatakan sebagai aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Esensi internet itu sendiri adalah informasi, dimana informasi itu sangat beragam, bisa berita, hiburan, lowongan pekerjaan, bahkan jodoh pun bisa dicari di internet. Kita harus melakukan semua kegiatan ini dengan cerdas, meskipun tidak ada cara khusus yang dapat diterapkan. Namun ada langkah tertentu yang dapat anda terapkan supaya aktivitas pencarian informasi dapat berjalan secara maksimal.
  1. Bookmark semua situs yang sering anda kunjungi atau sukai. Fitur ini sudah tersedia pada browser manapun yang anda gunakan. Dengan bookmark, anda tidak perlu lagi menuliskan alamat situs tersebut.
  2. Jika sebuah halaman di dalam situs anda gunakan sebagai referensi, ada baiknya anda simpan di komputer anda dengan bantuan browser. Jangan melakukan bookmark karena bisa jadi dalam beberapa saat saja halaman tersebut bisa tidak dapat diakses lagi.
  3. Manfaatkan layanan langganan atau subscribe pada situs tertentu yang memiliki fitur ini dan anda menyukainya. Dengan layanan ini anda akan mendapatkan konten yang dikirim langsung ke email anda jika mereka menerbitkan konten baru.
Nah, demikian sebagian dari cara cerdas berinternet dari kami. Masih ada bagian kedua lho. Semoga bermanfaat. (yayantpu.blogspot)

0 Response to "cara menggunakan internet"

Posting Komentar